Jika dari Jepang ada Okuribito (Departures) yang dibuat selama 10 tahun, dari Holywood ada Boyhood yang memakan waktu shooting selama 12 tahun. Bedanya Boyhood memang sengaja dibuat selama itu karena mengikuti perkembangan alamiah si tokoh utama, Mason (Ellar Coltrane). Richard Linklater, sepertinya penuh kesabaran untuk menghasilkan film keren ini :D.

Selain pendatang baru Ellar Coltrane, Linklater juga mengajak putrinya Lorelei Linklater untuk menjadi kakak Mason, Samantha. Ethan Hawk yang menjadi langganan Linklater di film-film sebelumnya (Trilogy: Before) di percaya untuk memerankan Mason. Sr, ayah Mason. Jr tentunya :P. Olivia ibunya Mason di perankan Patricia Arquette.

Timelapse kehidupan sebuah keluarga, seorang anak lelaki dan kakak perempuannya yang dihadapkan pada kondisi kedua orang tuanya yang bercerai, dengan hak asuh di pihak ibunya mereka hanya bertemu sang ayah hanya di waktu tertentu. Tumbuh dengan isu-isu khas anak korban perceraian tidak lantas menjadikan film ini jadi tidak mempunyai power, justru dengan cara menghadirkan pertumbuhan “real time” dari karakter-karakternya adalah senjata Linklater untuk menghadirkan kekuatan Boyhood. Melihat tumbuh atau menua dalam waktu sekitar 160-an menit menjadi sebuah kejutan yang buat gue pribadi sangat mengagumkan.

Salah satu yang juga bikin gue kagum, karakter masing-masing dari Boyhood yang tetap terjaga selama 12 tahun itu, Mason yang cenderung introvert tetap bisa menghadirkan reaksi muka yang sama dari kecil hingga remaja, begitupun Patricia Arquette dan Ethan Hawke dari mulai kulitnya masih kencang sampai terlihat keriput-keriput..hehehhe, tetap menjaga karakter merka dengan baik. Menurut yang gue baca, Lorelei sempat meminta ayahnya untuk mematikan tokoh Samantha karena mungkin sudah beranjak remaja dam mulai bosan. Tapi dengan segala bujukan, Linklater berhasil meyakinkan putrinya untuk menyelesaikan filmnya ini, terlihat di paruh akhir Boyhood, Samantha sudah mulai berkurang porsinya ๐Ÿ˜€

Film drama terbaik yang gue tonton di sepanjang tahun 2014 buat gue pribadi ๐Ÿ˜€

Selamat Menonton!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s